DSpace Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD INPRES BUTTATIANANG II MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author ASIA, SITI NUR
dc.date.accessioned 2022-12-15T06:42:18Z
dc.date.available 2022-12-15T06:42:18Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 4518103031
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3040
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Inpres Buttatianang II Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain penelitian posttest-only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian data uji hipotesis menggunakan uji-t (Independent sampel t test) didapatkan nilai tHitung > tTabel yaitu 6,595 > 2,024 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV di SD Inpres Buttatianang II Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Think Talk Write (TTW) en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD INPRES BUTTATIANANG II MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account