Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara
melalui strategi pembelajaran timbal-balik pada Siswa kelas VIII-A SMP
Negeri 2 Wera. Masalah Utama penelitian ini adalah apakah dengan
menggunakan strategi pembelajaran timbal-balik dapat meningkatkan
keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Wera.
Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah pemberian tes pada setiap pertemuan akhir
siklus dan observasi setiap proses pembelajaran. Analisis data digunakan
statistik deskriptif dengan menggunakan distribusi frekuensi dan
persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa
kelas VIII-A SMP Negeri 2 Wera menggunakan strategi pembelajaran
timbal-balik pada siklus I berada pada kategori rendah dengan rata-rata
65,43%. (2) Keterampilan berbicara siswa di SMP Negeri 2 Wera
menggunakan strategi pembelajaran timbal-balik pada siklus II berada
pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 84,59.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan
keterampilan berbicara pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Wera.
melalui strategi pembelajaran timbal-balik mengalami peningkatan.
Dengan demikian dianjurkan kepada guru-guru untuk memilih stategi
pembelajaran yang inovatif dan efektif, terutama strategi pembelajaran
timbal-balik.