Abstract:
Belajar merupakan proses internalisasi dunia luar ke dalam diri
seseorang untuk membangun pengalamannya tentang dunia luar
tersebut. Sangat banyak teori yang membahas tentang konsep belajar.
Tentu saja ada beberapa paradigma yang berbeda mengenai konsep
belajar, jika dilihat dari sudut pandang teori belajar dan aliran
pendidikan. Buku ini berusaha untuk menyampaikan kepada para
pembaca mengenai konsep belajar yang diikuti penjelasan beberapa
teori belajar dan aliran pendidikan. Tentu saja buku ini tidak
membahas secara lengkap tentang seluruh konsep belajar, teori-teori
belajar dan aliran-aliran pendidikan.
Susunan buku ini terdiri dari 11 Bab. Penyajian awal bab buku ini
disajikan tentang Hakikat Belajar, lalu diikuti 4 bab berikutnya yang
membahas tentang 4 teori belajar diantaranya Teori Belajar
Behaviorisme, Teori Belajar Konstruktivisme, Teori Belajar
Humanistik, dan Teori Belajar Sibernetik. Lebih lanjut, pembahasan
buku ini adalah tentang 6 aliran pendidikan yang diurai kedalam
masing-masing bab diantaranya Aliran Pendidikan Naturalisme,
Aliran Pendidikan Pogresivisme, Aliran Pendidikan
Rekonstruksionisme, Aliran Pendidikan Perenialisme, Aliran
Pendidikan Idealisme, dan yang terakhir adalah Aliran Pendidikan di
Indonesia.