Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis kevalidan,
kepraktisan dan keefektifan Bahan Ajar Bahasa Indonesia dengan Mengunakan
Model Shared di SD Karuwisi II Kota Makassar.
Peneltian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini
mengembangkan perangkat yang akan membantu siswa dalam memahami
pembelajaran terpadu, khususnya tipe shared. Penelitian Ini dilakukan di SD
Karuwisi II Kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD
Karuwisi II Kota Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi and angket. Peneliti menganalisis data secara kualitatif
dan kuantitatif.
Penelitian menghasilkan produk prototipe model bahan ajar bahasa
Indonesia dengan model shared. Hasil uji coba model bahan ajar baik pada uji
coba terbatas maupun uji coba lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar bahasa
Indonesia dengan model shared layak untuk digunakan. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa bahan ajar bahasa Indonesia dengan model shared yang
terdiri dari buku bahan ajar bahasa Indonesia beserta panduan penggunaannya,
buku lembar kerja siswa (LKS) dinyatakan valid, praktis, efektif dan layak
digunakan.