Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
Penerapan Pendekatan Integratif Keterpaduan Untuk Meningkatkan Kemampuan
Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV
SD Inpres Lae-Lae 1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD
Inpres Lae-Lae 1 Kota Makassar dengan jumlah 24 orang.
Hasil penelitian ini, diketahui bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas
67,80% untuk persentase ketuntasan klasikal adalah 60%-69% dan pada siklus II
diketahui nilai rata-rata kelas 82,91% untuk persentase ketuntasan klasikal adalah
70%-84%. Dengan demikian penelitian dikatakan berhasil pada siklus II karena
telah mencapai KKM dan persentase ketuntasan klasikal dengan kriteria baik
sekali.