Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keterampilan
menulis siswa dapat ditingkatkan dalam pemanfaatan Whatsapp Chat untuk
Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Melalui Teks Deskriptif di SMPN 1
Sumarorong Mamasa.
Penelitian difokuskan pada penelitian pra eksperimental dalam satu
kelompok pre-test, treatment dan post-test. Populasi penelitian ini adalah kelas
VIII SMPN 1 Sumarorong yang berjumlah 250 siswa khususnya VIII B. Teknik
purposive sampling digunakan untuk mengambil satu kelas sebagai sampel
penelitian yang berjumlah 30 siswa.
Hasil analisis data uji-t dengan SPSS v.16, peneliti menyimpulkan bahwa
Memanfaatkan Whatsapp Chat dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk
Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Melalui Teks Deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada kemampuan
menulis skor rata-rata siswa antara pretest dan posttest. Nilai rata-rata menulis
siswa meningkat dari 45,83 pada pre-test menjadi 82,23 pada post-test. nilai
signifikansi yang dihitung 0,000 lebih kecil dari 0,05 (P-value = 0,000 <0,05).
Dengan demikian hipotesis penelitian ini diterima. Artinya pemanfaatan chat
Whatsapp berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis siswa SMPN 1
Sumarorong Mamasa.