Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara
meningkatkan kosakata siswa dengan menggunakan aplikasi quizlet sebagai
metode pembelajaran kosakata.
Penelitian ini menggunakan pra-eksperimen dalam satu kelas, pra-test dan
pasca-tes. Penelitian ini dilakukan di SMPN 35 Makassar. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa SMPN 35 Makassar tahun ajaran 2020/2021 yaitu
kelas 7. Jumlah sampel sebanayak 26 siswa dari kelas VII.1. Data diperoleh dari
tes penguasaan kosakata dan angket.
Hasil penelitian penguasaan kosakata siswa meningkat. Hal ini di
buktikan dengan nilai rata-rata siswa dalam pre-test and post-test mengalami
peningkatan sebesar 12.31%. Hal penelitian menunjukkan bahwa ada
peningkatan signifikan pada penguasaan kosakata skor rata-rata siswa antara
pretest and posttest. Nilai rata-rata penguasaan kosakata siswa meningkat dari
84.81 pada pre-test menjadi 87.12 pada post-test. Hal tersebut menunjukkan
bahwa hipotesis alternative (H1) diterima dan tentu saja hipotesis nol (H0)
ditolak. Artinya aplikasi Quizlet dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa
dalam pembelajaran bahasa inggris di SMPN 35 Makassar. Berdasarkan hasil
penelitian, siswa juga tertarik untuk belajar bahasa inggris dengan menggunakan
applikasi Quizlet, hal ini dibuktikan dengan angket yang di berikan kepada siswa.
Dengan jawaban siswa atas pertanyaan yang diberikan, terlihat bahwa 167 siswa
memberikan tanggapan sangat setuju, 324 siswa tanggapan setuju, dan 136 siswa
tanggapan tidak setuju. Siswa cenderung menganggap penggunaan aplikasi
Quizlet efektif dan menarik.