Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari
penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri
Pancuran Kabupaten Pulau Taliabu Maluku Utara. Jenis Penelitian ini analisis
deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri
Pancuran Taliabu Barat sebanyak 20 responden. Dalam kuesioner terdapat 12
pernyataan yang terbagi dua sesi yaitu positif dan negatif. Pengukuran angket
menggunakan skala likert, Data dari angket dalam penelitian ini dianalisis secara
deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan
smartphone memberikan dampak positif terhadap responden sebesar 70%, hal
tersebut menandahkan bahwa angka dari 70% berada di posisi tinggi, dan dapat
dikatakan bahwa siswa setuju dengan penggunaan smartphone memberikan
dampak positif dalam proses belajar mengajar.