Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan
berargumentasi siswa kelas V dalam belajar IPS Siswa UPT SPF SDN
Beroanging Makassar, (2) hasil belajar siswa kelas V dalam belajar IPS Siswa
UPT SPF SDN Beroanging Makassar, dan (3) metode debat efektif untuk
meningkatkan kemampuan berargumentasi Siswa UPT SPF SDN Beroanging
Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain quasi
eksperimental design (eksperimental semu). Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas V UPT SPF SDN Beroanging Makassar sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran debat efektif dalam meningkatkan
kemampuan berargumentasi dan juga efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V
UPT SPF SDN Beroanging Makassar. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara kemampuan berargumentasi dan hasil belajar
yang diberikan metode debat dan konvensional. Hasil uji keefektifan melalui uji
N-gain menunjukkan bahwa metode debat efektif untuk meningkatkan
kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa UPT SPF SDN Beroanging
Makassar.