dc.contributor.author | KASIM, ABDALINA | |
dc.date.accessioned | 2022-12-20T08:01:26Z | |
dc.date.available | 2022-12-20T08:01:26Z | |
dc.date.issued | 2022 | |
dc.identifier.other | 4620106013 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3188 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan berargumentasi siswa kelas V dalam belajar IPS Siswa UPT SPF SDN Beroanging Makassar, (2) hasil belajar siswa kelas V dalam belajar IPS Siswa UPT SPF SDN Beroanging Makassar, dan (3) metode debat efektif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi Siswa UPT SPF SDN Beroanging Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design (eksperimental semu). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SPF SDN Beroanging Makassar sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran debat efektif dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi dan juga efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SDN Beroanging Makassar. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berargumentasi dan hasil belajar yang diberikan metode debat dan konvensional. Hasil uji keefektifan melalui uji N-gain menunjukkan bahwa metode debat efektif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa UPT SPF SDN Beroanging Makassar. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
dc.subject | Model pembelajaran debat | en_US |
dc.subject | kemampuan berargumentasi | en_US |
dc.subject | hasil belajar siswa | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA UPT SPF SDN BEROANGING MAKASSAR | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |