EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA UPT SPF SDN BEROANGING MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author KASIM, ABDALINA
dc.date.accessioned 2022-12-20T08:01:26Z
dc.date.available 2022-12-20T08:01:26Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 4620106013
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3188
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan berargumentasi siswa kelas V dalam belajar IPS Siswa UPT SPF SDN Beroanging Makassar, (2) hasil belajar siswa kelas V dalam belajar IPS Siswa UPT SPF SDN Beroanging Makassar, dan (3) metode debat efektif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi Siswa UPT SPF SDN Beroanging Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design (eksperimental semu). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SPF SDN Beroanging Makassar sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran debat efektif dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi dan juga efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SDN Beroanging Makassar. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berargumentasi dan hasil belajar yang diberikan metode debat dan konvensional. Hasil uji keefektifan melalui uji N-gain menunjukkan bahwa metode debat efektif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa UPT SPF SDN Beroanging Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model pembelajaran debat en_US
dc.subject kemampuan berargumentasi en_US
dc.subject hasil belajar siswa en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA UPT SPF SDN BEROANGING MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account