Abstract:
Metode berpasangan (pair-work) adalah salah satu metode yang digunakan untuk melatih kemampuan berbicara / berkomunikasi peserta didik. Metode ini dicobakan pada mahasiswa semester tiga jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas “45” Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah apa yang dihadapi oleh mahasiswa semester tiga dalam melatih kemampuan berbicara mereka dan apakah ada perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan kemampuam berbicara mahasiswa antara mahasiswa yang diajar dengan menggunakan metode pair – work dengan mahasiswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional (tanpa metode pair – work).
Untuk menjawab permasalahan di atas maka digunakan dua jenis instrumen, yaitu pemberian tes dan wawancara. Tes diberikan untuk mencari data tentang prestasi mahasiswa dalam berbicara/ bercakap menggunakan bahasa Inggris dan wawancara dilakukan untuk mencari masalah yang dihadapi oleh mahasiswa selama mereka belajar speaking dengan menggunaka metode pair – work.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode berpasangan (pair – work) diklasifikasikan cukup efektif. Hasil nilai rata – rata Post – Test dari kelompok eksperimen adalah 3,59 dan kelompok control adalah 2,44. Perbedaan signifikan dari Uji-T dan T-Tabel setelah membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok control adalah 2,395 > 2,021. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode berpasangan (pair – work) dalam pengajaran bahasa Inggris terutama dalam melatih kemampuan berbicara/bercakap bahasa Inggris cukup efektif.