Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa
terhadap kualitas pelayanan Universitas Bosowa. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi penelitian ini dari
Angkatan 2015, 2016 dan 2017 sebanyak 11.391. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 386 orang, karena sampel diambil menggunakan rumus Slovin,
Namun yang tersisa 368 karena 18 angket tidak kembali dan ada yang tidak bisa
dianalisis/rusak. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala
Kepuasan mahasiswa berdasarkan teori kualitas layanan oleh Parasuraman.
Skala ini disusun tanpa dilakukan modifikasi dan adaptasi. Berdasarkan hasil
data yang telah diperoleh sebanyak 368 subjek penelitian, menunjukkan bahwa
terdapat 23 orang (6,3%) terhadap skala kepuasan mahasiswa, kategorisasi
rendah 121 (32,9% kategorisasi sedang 103 (28%), Kategorisasi 84 mahasiswa
(22,8%) sedangkan kategorisasi sangat tinggi 37 (10,1%). Maka diperoleh
kesimpulan akhir yang menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa Universitas
Bosowa cenderung rendah bila dibandingkan kategorisasi yang lain dan
diasumsikan tidak puas. Namun jika dilihat nilai secara akumulatif (gabungan)
dari sedang, tinggi dan sangat tinggi diperoleh kesimpulan yang diasumsikan
puas pada kualitas pelayanan Universitas Bosowa. Kesimpulan penelitian ini
menunjukkan bahwa Kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan sudah
puas namun beberapa pertimbangan seperti pada distirbusi kategorisasi rendah
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan masih harus di tingkatkan