Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran
kecerdasan emosional pada mahasiswa yang mengikuti Unit Kegiatan
Mahasiswa (UKM) di Universitas Bosowa. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk survei. Responden penelitian
ini terdiri dari 408 mahasiswa yang mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di
Universitas Bosowa. Dengan karakteristi sampel yaitu merupakan mahasiswa
Universitas Bosowa dan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) selama 1
tahun. Penelitian ini menggunakan skala milik Mayer-Salovey-Carusso Emotional
Intelligence Test (MSCEIT) dalam penelitian Schutte, Malouff, & Bhullar (2009)
yang telah diadaptasi kedalam Bahasa Indonesia. Data kemudian dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas kecerdasan emosional
mahasiswa yang mengikuti unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Universitas
Bosowa berada dalam kategori tinggi yaitu 13 responden (2%) memiliki
kecerdasan emosional sangat tinggi, 146 responden (35%) memiliki kecerdasan
emosional tinggi, 138 responden (35%) memiliki kecerdasan emosional sedang,
67 responden (17%) memiliki kecerdasan emosional yang rendah, dan 44
responden (10%) memiliki kecerdasan emosional sangat rendah. Skor mean
pada dimensi kecerdasan emosional pada penelitian ini, menunjukkan bahwa
pemahaman emosi lebih tinggi dibanding dimensi lainnya dengan nilai sebesar
37,52.