Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah emotional intelligence dan fear of
failure bisa menjadi prediktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa S1 tingkat
akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Kota Makassar. Penelitian dilakukan
terhadap 410 mahasiswa S1 tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di
Kota Makassar. Alat pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah skala yang
disusun oleh peneliti sendiri, menggunakan konstruk teori yang dikemukakan
oleh Tuckman (1991) untuk skala prokrastinasi akademik, konstruk teori dari
Conroy, Kaye & Fifer (2007) untuk skala fear of failure, dan konstruk teori dari
Mayer, Salovey, Caruso & Cherkassky (dalam Sternberg & Kaufman, 2011)
untuk skala emotional intelligence. Data dianalisis menggunakan teknik regresi
linear berganda, dengan bantuan SPSS 23. Hasil analisis memberikan 3 (tiga)
kesimpulan besar yaitu: 1) emotional intelligence dan fear of failure bisa menjadi
prediktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa S1 tingkat akhir yang sedang
mengerjakan skripsi di kota makassar, dengan konstribusi sebesar 7.5%; 2)
ketika melihat sumbangan dari masing-masing variabel emotional intelligence
dan fear of failure diketahui bahwa hanya hanya veriabel emotional intelligence
yang diprediksi dapat menjadi prediktor terhadap prokrastinasi akademik dengan
konstribusi sebesar 7.2%; dan 3) hanya dimensi persepsi emosi, menggunakan
emosi untuk berpikir, dan manajemen dan pengaturan emosi dalam diri sendiri
dan orang lain yang memiliki konstribusi secara signifikan terhadap prokrastinasi
akademik.
Kata kunci : Fear Of