Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan
stres akademik pada siswa SMA Negeri 17 Makassar. Penelitian ini
menggunakan skala efikasi diri dan stres akademik, skala efikasi diri yang
digunakan dibuat sendiri oleh peneliti yang berlandaskan pada teori Bandura
(1998) terdiri dari tiga dimensi, yaitu level, generality, dan strenght. Sedangkan
skala stres akademik berdasarkan pada teori Desmita (2010) terdiri dari empat
dimensi, yaitu tuntutan fisik, tuntutan tugas, tuntutan peran dan tuntutan
interpersonal. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI yang masih aktif
sekolah di SMA negeri 17 Makassar sebanyak 265 orang siswa yang berjenis
kelamin laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya
hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada siswa SMA Negeri 17
Makassar. Data dianalisis dengan teknikkorelasi pearson product moment
dengan bantuan softwere JASP. Hasil analisis diperoleh hasil korelasi yang
signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik, (r) -0,166 dengan tingkat
signifikan sebesar 0,007 (p<0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak
dan Ha diterima, yaitu ada hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada
siswa SMA Negeri 17 Makassar