Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah stres kerja berpengaruh
terhadap psychological well-being pada guru honorer sekolah dasar di
Kecamatan Duampanua, Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan subjek yaitu seluruh guru honorer sekolah dasar di Kecamatan
Duampanua, Pinrang yang berjumlah 259 orang. Alat ukur yang digunakan
dalam penelitian ini ada dua yaitu skala stres kerja dan psychological well-being
yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori stres yang dikemukakan oleh
Robbins & Judge (2016) dan psychological well-being oleh Ryff (1989).
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis
regresi sederhana, menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh terhadap
psychological well-being pada guru honorer sekolah dasar di Kecamatan
Duampanua, Pinrang. Pengaruh yang dihasilkan bersifat negatif, artinya semakin
tinggi tingkat stres kerja, maka tingkat psychological well-being akan semakin
rendah.