Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapatkah tipe kepribadian Big Five
menjadi prediktor kecanduan internet, serta tipe kepribadian mana yang dapat
memprediksi munculnya perilaku kecanduan internet. Penelitian ini dilakukan
terhadap 410 responden dengan kriteria mahasiswa dari berbagai universitas di
kota Makassar. Skala yang digunakan yaitu skala kecanduan internet yang
disusun oleh Dr. Kimberly Young (1997) dan skala big five inventory yang
disusun oleh Goldberg (dalam John & Srivastava, 1999). Data penelitian
selanjutnya dianalisis penggunakan teknik regresi linier berganda dengan
bantuan aplikasi SPSS 23 for windows. Berdasarkan hasil analisis tersebut
ditemukan hasil bahwa tipe kepribadian Big Five dapat menjadi prediktor
kecanduan internet dengan kontribusi sebesar 15,7%. Hasil analisis tersebut juga
menemukan bahwa dari kelima tipe kepribadian big five, tiga kepribadian dapat
memprediksi kecanduan internet yaitu agreeableness, conscientiousness, dan
neuroticism, sedangkan tipe kepribadian extraversion dan tipe kepribadian
openness tidak dapat memprediksi kecanduan internet