DSpace Repository

TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE SEBAGAI PREDIKTOR KECANDUAN INTERNET

Show simple item record

dc.contributor.author HAMPAN, MUHAMMAD YUSUF
dc.date.accessioned 2022-12-27T02:21:00Z
dc.date.available 2022-12-27T02:21:00Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 4514091017
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3379
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapatkah tipe kepribadian Big Five menjadi prediktor kecanduan internet, serta tipe kepribadian mana yang dapat memprediksi munculnya perilaku kecanduan internet. Penelitian ini dilakukan terhadap 410 responden dengan kriteria mahasiswa dari berbagai universitas di kota Makassar. Skala yang digunakan yaitu skala kecanduan internet yang disusun oleh Dr. Kimberly Young (1997) dan skala big five inventory yang disusun oleh Goldberg (dalam John & Srivastava, 1999). Data penelitian selanjutnya dianalisis penggunakan teknik regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 23 for windows. Berdasarkan hasil analisis tersebut ditemukan hasil bahwa tipe kepribadian Big Five dapat menjadi prediktor kecanduan internet dengan kontribusi sebesar 15,7%. Hasil analisis tersebut juga menemukan bahwa dari kelima tipe kepribadian big five, tiga kepribadian dapat memprediksi kecanduan internet yaitu agreeableness, conscientiousness, dan neuroticism, sedangkan tipe kepribadian extraversion dan tipe kepribadian openness tidak dapat memprediksi kecanduan internet en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Tipe Kepribadian Big Five en_US
dc.subject Kecanduan Internet en_US
dc.subject Mahasiswa Makassar en_US
dc.title TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE SEBAGAI PREDIKTOR KECANDUAN INTERNET en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account