Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konformitas dapat menjadi
prediktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bermain game
online. Penelitian dilakukan pada 400 mahasiswa yang bermain game online
di Kota Makassar. Skala prokrastinasi akademik yang digunakan disusun
sendiri oleh peneliti berdasarkan teori dari Knaus (2002) dan skala
konformitas yang juga disusun sendiri oleh peneliti dengan dasar teori
Taylor (2009). Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data, skala diuji
dahulu reliabilitasnya menggunakan cronbach alpha yang menghasilkan
reliabilitas 0.684 untuk skala konformitas, dan reliabilitas sebesar 0.923
untuk skala prokrastinasi akademik. Uji validitas menggunakan
menggunakan teknik Confirmatory Factor Analysis (CFA) dengan bantuan
program Lisrel 8.70. Uji Hipotesis di analisis dengan menggunakan teknik
analisis regresi sederhana, dan menghasilkan kesimpulan bahwa
konformitas dapat menjadi prediktor prokrastinasi akademik pada
mahasiswa yang bermain game online. Besar pengaruh konformitas
terhadap prokrastinasi akademik sebesar 1.5%. Analisis juga dilakukan
pada masing-masing dimensi konformitas terhadap prokrastinasi akademik,
dan memberikan hasil bahwa dari dua dimensi konformitas, hanya dimensi
nformatonal influence yang memiliki kontribusi secara signifikan terhadap
prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bermain game online,
sedangkan dimensi normative influence tidak memberikan kontribusi yang
signifikan.