Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social support dan
hardiness berkontribusi terhadap academic resilience pada mahasiswa yang
mengerjakan skripsi di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan populasi mahasiswa semester akhir yang mengerjakan skripsi
di Kota Makassar dan berusia 18-40 tahun. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 360 responden. Alat ukur yang digunakan yaitu skala social support
yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan pada teori social support oleh
Sarafino & Smith (2011), skala hardiness yang diadaptasi berdasarkan teori
Benishek & Lopez (2001), dan skala academic resilience berdasarkan teori
Martin & Marsh (2003) yang dimodifikasi oleh peneliti. Data dianalisis
menggunakan teknik regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Hasil
analisis menunjukkan bahwa social support dan hardiness berkontribusi terhadap
academic resilience sebanyak 47%. Sedangkan secara terpisah, penelitian ini
menunjukkan bahwa social support berkontribusi terhadap academic resilience
sebanyak 33.7%, dan hardiness berkontribusi terhadap academic resilience
sebanyak 13.2%. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho
ditolak. Dengan demikian terdapat kontribusi social support dan hardiness
terhadap academic resilience pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Kota
Makassar.