Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh regulasi emosi terhadap tingkat
stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penelitian
dilakukan terhadap 403 mahasiswa yang berkuliah di Makassar yang sedang
menyusun skripsi. Alat pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk
penelitian ini adalah Skala regulasi emosi yang digunakan adalah jenis skala
likert. Skala regulasi emosi yang digunakan dalam penelitian ini adalah emotion
regulation questionnaire (ERQ) (Gross & John, 2003). Skala tingkat stres yang
digunakan dalam penelitian ini mengacu pada skala stres yang diadaptasi dan
dimodifikasi oleh Gamayanti (2018) yaitu Student-Life Stress Inventory yang
dikembangkan oleh Gadzella (1991). Data dianalisis menggunakan teknik
analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 24. Hasil
analisis memberikan kesimpulan yakni, regulasi emosi memberikan kontribusi
terhadap tingkat stres pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.