Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah coping stress dapat menjadi
prediktor terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang
mengerjakan skripsi di Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan terhadap 400
mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Kota Makassar. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan peneliti ada dua, yaitu skala resiliensi
akademik yang telah diadaptasi oleh Kiki Reskiyani yang mengacu pada aspekaspek Martin dan Marsh (2013) sedangkan skala coping stress dimodifikasi oleh
peneliti sesuai dengan aspek-aspek Lazarus dan Folkman (1984). Data dianalisis
menggunakan teknik regresi linear berganda. Hasil analisis memberikan 3
kesimpulan yaitu : 1) Kedua coping stress secara bersama-sama dapat menjadi
prediktor terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang
mengerjakan skripsi di Kota Makassar dengan nilai kontribusi sebesar 5%. 2)
Tipe problem focused coping dapat menjadi prediktor terhadap resiliensi
akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Kota Makassar
dengan nilai kontribusi sebesar 3.6% dengan arah pengaruh yang positif 3) Tipe
emotional focused coping dapat menjadi prediktor terhadap resiliensi akademik
pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Kota Makassar dengan
nilai kontribusi sebesar 1.4% dengan arah pengaruh yang positif