Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelian impulsif pada
mahasiswa dalam berbelanja online di Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
Makassar. Penelitian ini dilakukan kepada 387 responden, yakni perempuan 316
responden dan laki-laki 71 responden. Skala pembelian impulsif dalam
berbelanja online ini, di adaptasi oleh peneliti yang berlandasan dari teori Rook &
Fisher (Engel dkk, 2009) mengenai pembelian impulsif yang terdiri dari empat
aspek yaitu spontanitas, kekuatan/ kompulsif/intensitas, kegairahan dan
stimulasi, serta ketidakpedulian pada akibat. Data di analisis dengan bantuan
software Statistical Product and Service Solution (SPSS) dan LISREL (Liniear
Structural Relations). Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa pembelian impulsif
pada mahasiswa yang berbelanja online di Fakultas Psikologi Universitas
Bosowa Makassar termasuk dalam kategori sedang, artinya ada yang melakukan
pembelian impulsif dalam berbelanja online dan ada pula yang tidak melakukan
pembelian impulsif dalam berbelanja online. dimana diketahui mahasiswa
kadang-kadang terlihat melakukan perilaku pembelian impulsif apabila mereka
memiliki regulasi diri yang rendah atau mahasiswa kadang-kadang tidak terlihat
melakukan perilaku pembelian impulsif apabila mereka memiliki regulasi diri yang
tinggi.