Abstract:
Pola asuh dianggap menjadi faktor penentu terhadap kemampuan
akademik dan kemampuan sosial anak, di antaranya adalah perilaku sosial dan
prestasi belajar. Oleh karena itu peneliti mengkaji secara ilmiah pengaruh pola
asuh orangtua terhadap perilaku sosial dan hasil belajar peserta didik SD di
Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
mendeskripsikan pola asuh yang diterapkan orangtua pada peserta didik SD di
Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, (2) mendeskripsikan pengaruh pola asuh
orangtua dalam membentuk perilaku sosial peserta didik SD di Kecamatan
Tamalanrea Kota Makassar, dan (3) mendeskripsikan pengaruh pola asuh
orangtua terhadap pretasi belajar peserta didik SD di Kecamatan Tamalanrea Kota
Makassar dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan
Tamalanrea Kota Makassar Tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik
50 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang banyak digunakan
oleh orangtua di SD Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar adalah pola asuh
demokratis dan terdapat pengaruh dari pola asuh orangtua terhadap prestasi
belajar dan perilaku sosial peserta didik SD di Kecamatan Tamalanrea Kota
Makassar. Pola asuh yang dapat menjadi panutan bagi seluruh orangtua yaitu pada
pola asuh demokratis, karena akan melahirkan anak yang percaya diri sekaligus
mudah menjalin komunikasi dengan individu lainnya. Perilaku sosial peserta
didik dapat tergambar jelas saat berada dalam kehidupan sehari-harinya,
khususnya pada saat di sekolah. Komunikasi dan interkasi yang dibangun oleh
peserta didik tercermin dari pola tingkah laku dan kebiasaan yang mereka
dapatkan di rumah, utamanya dalam perilaku sosial.