DSpace Repository

PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK SD DI KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author RAHMI, ADE
dc.date.accessioned 2023-01-02T02:52:42Z
dc.date.available 2023-01-02T02:52:42Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4618106009
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3578
dc.description.abstract Pola asuh dianggap menjadi faktor penentu terhadap kemampuan akademik dan kemampuan sosial anak, di antaranya adalah perilaku sosial dan prestasi belajar. Oleh karena itu peneliti mengkaji secara ilmiah pengaruh pola asuh orangtua terhadap perilaku sosial dan hasil belajar peserta didik SD di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pola asuh yang diterapkan orangtua pada peserta didik SD di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, (2) mendeskripsikan pengaruh pola asuh orangtua dalam membentuk perilaku sosial peserta didik SD di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar, dan (3) mendeskripsikan pengaruh pola asuh orangtua terhadap pretasi belajar peserta didik SD di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar Tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang banyak digunakan oleh orangtua di SD Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar adalah pola asuh demokratis dan terdapat pengaruh dari pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar dan perilaku sosial peserta didik SD di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Pola asuh yang dapat menjadi panutan bagi seluruh orangtua yaitu pada pola asuh demokratis, karena akan melahirkan anak yang percaya diri sekaligus mudah menjalin komunikasi dengan individu lainnya. Perilaku sosial peserta didik dapat tergambar jelas saat berada dalam kehidupan sehari-harinya, khususnya pada saat di sekolah. Komunikasi dan interkasi yang dibangun oleh peserta didik tercermin dari pola tingkah laku dan kebiasaan yang mereka dapatkan di rumah, utamanya dalam perilaku sosial. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pola asuh orangtua en_US
dc.subject prestasi belajar en_US
dc.subject dan perilaku sosial en_US
dc.title PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK SD DI KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account