dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor
lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor lingkungan eksternal (peluang
dan ancaman). Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara,
dokumentasi dan kuisioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 44
Karyawan dengan teknik non probability sampling menggunakan metode sampling
jenuh. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis swot.
Hasil Penelitian menemukan bahwa faktor kekuatan (internal) yakni harga
produk yang ditetapkan terjangkau konsumen memiliki skor nilai tinggi dibandingkan
kualitas produk yang ditawarkan, pengaruh lokasi terhadap kelangsungan usaha,
pelayanan kepada konsumen, jaminan kualitas produk, dan kerjasama yang baik dengan
pihak asuransi. Sedangkan pada faktor kelemahan (internal) yakni keterbatasan jumlah
karyawan yang tinggi memiliki skor paling tinggi dibadingkan dengan tingkat harga
kredit kendaraan yang ditawarkan dan resiko penurunan pendapatan yang tinggi. Untuk
faktor Peluang (eksternal) yang memiliki skor paling tinggi yakni perusahaan memiliki
keunggulan dalam menangkap pangsa pasar yang baik dibandingkan dengan jalinan
kerjasama perusahaan dengan konsumen, dampak positif dari keragaman produk yang
ditawarkan, citra perusahaan yang baik dimata konsumen, respon positif konsumen
terhadap jasa perusahaan, tingkat daya beli masyarakat, dan tingkat permintaan
pasar.Sedangkan untuk faktor ancaman (eksternal) yakni tingkat persaingan usaha yang
tinggi memiliki skor paling tinggi dibandingkan resiko usaha jasa kredit kendaran yang
tinggi, resiko pekerja freelance yang tinggi, tuntutan pasar dalam peremajaan kendaraan
yang tinggi, tingkat kriminalitas pencurian kendaraan yang tinggi dan tingginya
pertumbuhan usaha kredti kendaraan disekitar.Secara garis besar dari ke empat faktor
tersebut faktor Kekuatan dan Peluang masih memiliki skor yang lebih tinggi
dibandingkan dengan faktor Kelemahan dan Ancaman sehingga PT Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Tbk berada dalam posisi yang baik |
en_US |