Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk,
harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik terhadap peningkatan
penjualan tenaga listrik pada PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan
Pelanggan Pinrang, serta untuk mengetahui dan menganalisis variabel bauran
pemasaran yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan
tenaga listrik pada perusahaan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan
Pelanggan Pinrang. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji
instrument penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan
pengujian hipotesis. Hasil analisis menemukan bahwa produk, harga, promosi,
lokasi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap
peningkatan penjualan tenaga listrik pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana
Pelayanan Pelanggan Pinrang. Dari hasil pengujian regresi maka dapat disimpulkan
bahwa variabel yang dominan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan tenaga
listrik pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pinrang adalah
harga.