dc.contributor.author | AFIRAH, ANDI TENRI | |
dc.date.accessioned | 2023-01-04T03:47:51Z | |
dc.date.available | 2023-01-04T03:47:51Z | |
dc.date.issued | 2021 | |
dc.identifier.other | 4513041112 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3657 | |
dc.description.abstract | Jalan raya merupakan sarana insfrastruktur penting dalam mendukung perkembangan ekonomi di suatu daerah. Kualitas yang baik sangat diutamakan demi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Perencanaan jalan raya terdiri dari perencanaan geometrik jalan (perencanaan tikungan) dan perencanaan tebal perkerasan jalan. Peraturan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga yang pada umumnya digunakan dalam perencanaan jalan di Indonesia pada periode tertentu dikembangkan dengan tujuan untuk menghasilkan perencanaan jalan yang lebih efisien dari segi biaya dan waktu. Hasil dari perencanaan tebal perkerasan jalan sangat berpengaruh pada besarnya biaya yang dibutuhkan.Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan perbandingan perencanaan tebal perkerasan jalan raya menggunakan Metode Analisis Komponen SKBI Tahun 1987 dengan Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2013 Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga serta menghitung rencana anggaran biaya dan Time Schedule (Kurva-S) dari masing-masing hasil perencanaan tebal perkerasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perencanaan tebal perkerasan jalan menggunakan peraturan Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2013 | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
dc.title | PERBANDINGAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN DENGAN BEBAN STANDARD DAN BEBAN LEBIH (OVER LOAD) PADA RUAS JALAN MAKASSAR - MAROS | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |