Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Kartu Bilangan
Teratur Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 10 Botto
Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan tahun ajaran 2020. Jenis penelitian yang
digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretestposttest design. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh yang dipilih
berdasarkan pertimbangan peneliti. Teknik pengumpulan data berupa observasi,
dokumentasi dan angket. Adapun teknik persyaratan analisis peneliti
menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian tentang motivasi belajar siswa yang meliputi minat
terhadap pelajaran matematika, tekun mengahadapi tugas, adanya harapan dan
cita-cita, adanya hasrat dan keinginan berhasil, lingkungan belajar yang kondusif
dan adanya kegiatan menarik dalam belajar dikategorikan sangat tinggi.
Sedangkan lebih senang bekerja mandiri dikategorikan tinggi, dan cepat bosan
mengahadapi tugas-tugas rutin dikategorikan rendah. Berdasarkan hasil uji
hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,020 < nilai alpha 0,050, maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Media
Kartu Bilangan Teratur Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V
SDN 10 Botto Kabupaten Pangkajene dan kepulauan