Abstract:
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 001 Petoosang Kabupaten
Polewali Mandar. Masalah yang kemudian ditemukan adalah rendahnya hasil
belajar IPS dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas berkaitan
dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV SDN 001 Petoosang Kabupaten Polewali Mandar.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus masing–masing terdiri dari
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. pada siklus I
diperoleh nilai rata-rata 66,54 dan 11 siswa belum mencapai KKM atau presentase
50%. Hasil ini belum mencapai kriteria yang ditargetkan yaitu 80% jumlah siswa
yang mencapai KKM maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil dari siklus II
mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa 80,22 dan 18 orang
siswa mencapai KKM atau presentase 81,81%. Jadi dengan penerapan model
problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kela IV SDN 001
Petoosang Kabupaten Polewali Mandar.