Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pendekatan
Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN 320 Marakkiung Kabupaten Bulukumba tahun ajaran
2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain
penelitian One Group Pretes dan Posttest. Teknik pengambilan sampel yaitu
sampling jenuh yang dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti, teknik
pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi dan angket. Adapun
teknik analisis datanya yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik
inferensial. Hasil analisis data menggunakan rumus uji-t. Perhitungan uji−𝑡
diperoleh thitung > ttabel (21,35 >1,943) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses sains
efektif terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN 320 Marakkiung.