EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SDN 320 MARAKKIUNG KABUPATEN BULUKUMBA

Show simple item record

dc.contributor.author TENRI K, BAU
dc.date.accessioned 2021-09-15T03:36:12Z
dc.date.available 2021-09-15T03:36:12Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other 4516103014
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/380
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 320 Marakkiung Kabupaten Bulukumba tahun ajaran 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretes dan Posttest. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh yang dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti, teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis datanya yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis data menggunakan rumus uji-t. Perhitungan uji−𝑡 diperoleh thitung > ttabel (21,35 >1,943) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses sains efektif terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV SDN 320 Marakkiung. en_US
dc.publisher Universitas Bosowa en_US
dc.subject Keterampilan Proses Sains en_US
dc.subject Penguasaan Konsep IPA en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SDN 320 MARAKKIUNG KABUPATEN BULUKUMBA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account