Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dampak game
online terhadap hasil belajar peserta didik SD Frater Bakti Luhur Makassar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang
didapat kemudian diuji keabsahan data melalui metode triangulasi sumber, dan
dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi,
penyajian data, verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian dari dampak game online terhadap hasil belajar anak
(studi kasus kelas V SD Frater Bakti Luhur Makassar), disimpulkan bahwa
bermain game online memiliki tingkat kecanduan yang berbeda-beda bagi
pemain, yaitu: kadang, sering, dan selalu. Tingkat kecanduan game online dapat
dilihat dari frekuensi anak bermain game online. Frekuensi bermain game online
yang semakin lama, maka semakin banyak pula dampak game online pada hasil
belajar anak. Hasil yang diperoleh dari setiap intensitas bermain game online
dapat diprosentasikan sebagai berikut: intensitas bermain game online kategori
kadang sebesar 20%, kategori sering sebesar 40%, dan kategori selalu sebesar
40%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dampak game online sangat
berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.