Abstract:
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Dalam Sistem Penerbitan e-KTP
Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif
bertujuan untuk menggali fakta, dalam penelitian ini Kepala bidang pelayanan pendaftaran
penduduk, Operator KTP, KK, dan mutasi penduduk, Kasi sistem informasi administrasi
kepegawaian pada bidang pengelolaan informasi kependudukan, operator komputer serta
masyarakat sebagai informan kunci. Teknik pengumpulan datanya melalui
wawancara,observasi dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa
interaktif yang meliputi, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pegawai
negeri sipil terhadap masyarakat belum sepenuhnya berjalan maksimal sesuai dengan kode
etik profesi. Adapun kualitas pelayanan sebagai acuan bertindak dalam penyelesaian
masalah. Syarat penerbitan sebagai pedoman dalam mengerjakan tugas. Peningkatan
pelayanan dan tanggung jawab akan tugas selalu dibenahi agar dapat memberikan
pelayanan yang maksimal. Dalam hal ini kualitas kerja memiliki pengaruh yang besar untuk
membangun pelayanan prima yang maksimal.