DSpace Repository

OPTIMALISASI WAKTU PELAYANAN DAN PENGHEMATAN SKALA PADA PENYEBERANGAN ASDP BANGSALAE SIWA KABUPATEN WAJO

Show simple item record

dc.contributor.author KAHARUDDIN
dc.date.accessioned 2023-01-16T02:40:24Z
dc.date.available 2023-01-16T02:40:24Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other MPW 4514008
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3890
dc.description.abstract Perkembangan angkutan yang terjadi di Pelabuhan Penyeberangan ASDP pada lintasan Bangsalae Siwa Kabupaten Wajo – Tobaku Lasusua Kabupaten Kolaka Utara sangat berpengaruh pada peningkatan restribusi dan Pendapatan asli Daerah yang dipengaruhi oleh selang waktu keberangkatan, jumlah dan kapasitas muat kapal. Pemenuhan harapan pengguna jasa angkutan penyeberangan terhadap kualitas pelayanan merupakan hal penting bagi organisasi jasa untuk menghadapi persaingan bisnis. Kualitas pelayanan di nilai dengan atribut jasa meliputi, kenyamanan, keamanan, keselamatan, ketepatan waktu, dan tarif. Untuk melihat waktu pelayanan minimum sesuai dengan standar waktu pelayanan yang ada dapat di lihat pada waktu kegiatan operasional dilapangan. Penelitian ini bertujuan menghadapi perkembangan angkutan yang terjadi dimana perlu adanya kesiapan baik dari pengaturan bongkar muat kendaraan barang dan penumpang, maupun penjadwalan dan penyediaan jumlah kapal yang memadai, yang disesuaikan dengan tingkat permintaan angkutan, sehingga tidak terjadi antrian penumpang diloket, antrian kendaraan dan penumpang barang yang akan masuk ke kapal dan jarak waktu tempuh kapal. Sehingga sistim pelayanan menjadi lebih optimal tanpa mengabaikan faktor-faktor keselamatan. Untuk menilai kualitas pelayanan lintas pelabuhan penyeberangan ASDP Bangsalae Siwa Kabupaten Wajo – Tobaku Lasusua Kabupaten Kolaka Utara, sampel penelitian kualitas pelayanan diambil masing-masing berjumlah 66 untuk penumpang orang, 15 orang untuk pengemudi kendaraan roda – 6, untuk pengemudi kendaraan roda – 4 berjumlah 10 orang dan untuk pengemudi roda – 2 berjumlah 10 orang. Atribut jasa dianalisa dengan metode diskriftif kuantitatif dan Regresi linier Dari hasil analisis regresi linier dengan tujuan untuk meminimalisasi waktu pelayanan dan penghematan skala mendapatkan solusi optimum pada transportasi laut khususnya optimalisasi pelayanan angkutan penyeberangan yaitu jumlah trip dengan bobot kapal 600 GRT pada rentang tahun 2017 – 2022 sebanyak 3 trip perhari, rentang tahun 2022 – 2027 sebanyak 4 trip perhari, rentang tahun 2027 – 2032 sebanyak 6 trip perhari, rentang tahun 2032 – 2037 sebanyak 7 trip perhari, dan rentang tahun 2037 – 2042 membutuhkan 8 trip perhari en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Optimalisasi waktu pelayanan en_US
dc.subject penghematan skala en_US
dc.subject penyeberangan ASDP en_US
dc.title OPTIMALISASI WAKTU PELAYANAN DAN PENGHEMATAN SKALA PADA PENYEBERANGAN ASDP BANGSALAE SIWA KABUPATEN WAJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account