Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis
penerapan prinsip good governance terhadap pelayanan Penerbitan Buku Pemilik
Kendaraan Bermotor (BPKB) Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan analisis
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima prinsip Good
Governance yakni Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi, Efektivitas &
Efisiensi, dan Kepastian Hukum yang diterapkan pada Seksi BPKB Ditlantas
Polda Sulawesi Selatan, sudah diterapkan dengan baik walaupun belum secara
maksimal. Adapun penerapan prinsip-prinsip good governance yang dilakukan
sudah baik pada prinsip: Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi, dan Kepastian
Hukum. Sedangkan prinsip efektivitas dan efisiensi belum diterapkan sepenuhnya
oleh para petugas, dikarenakan saran-prasarana yang belummemadai, dan Sumber
Daya Manusia (SDM). Sehingga menghambat dan memperlambat pelaksanaan
tugas pelayanan Masyarakat