Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan
Pembelajaran Ekspositori pada Pembelajaran PKn. Penelitian ini dilaksanakan di
Madrasah Ibtidaiyah Attaufiq Lisu Kabupaten Barru tahun ajaran 2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
One Group Pretest dan Posttest, yaitu memberikan tes sebelum adanya perlakuan,
kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan
Pembelajaran Ekspositori. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak
sembilan orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang
berupa soal pilihan ganda pretest berjumlah sepuluh soal dan posttest berjumlah
sepuluh soal. Proses analisis data menggunakan rumus uji-t.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji-t, nilai tHitung yaitu 12,03 dan
tTabel yaitu 1,860 dengan taraf signifikan 0,05 hasil pengujian bahwa tHitung
ternyata memenuhi kreteria, tHitung > tTabel dengan demikian HO ditolak dan H1
diterima, dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Efektivitas Penggunaan
Pembelajaran Ekspositori pada Pembelajaran PKn di kelas III Madrasah
Ibtidaiyah Attaufiq Lisu Kabupaten Barru.
Kata Kunci: , ,