Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas
pelayanan, faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pelayanan
publik pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun
fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual,
dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi dalam pelaksanaan
pelayanan publik pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bone.
Hasil penelitian menujukkan bahwa kualitas pelayanan publik di kantor dinas
pendidikan di Kabupaten Bone adalah Dimensi Tangibel (Bukti Fisik), Dimensi
Reliability (Kehandalan), Dimensi Responsiviness (Ketanggapan), Dimensi
Assurance (Jaminan), dan Dimensi Emphaty (Empati) sudah diterapkan, namun
ada indikator yang belum sepenuhnya di laksanakan yaitu mengenai kenyamanan
tempat pelayanan pada hari-hari atau jam tertentu, mengenai keahlian pegawai
negeri sipil yang dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pelayanan. Faktor penghambat di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone
adalah penguasaan teknologi, informasi dan umumnya luas lahan Kantor, dan
Faktor pendukung adalah semangat kerja pegawai dan pasilitas teknologi, dan
informasi, komunikasi, dan jaringan internet.