Abstract:
Proses pendidikan bertujuan untuk menghasilkan peserta didik mengalami
peningkatan kemampuan akademik secara kuantitatif dan memiliki motivasi untuk
belajar tinggi. Kedua hal ini sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh
guru dalam proses pembelajaran. Course Review Horay merupakan salah satu metode
yang diyakini dapat meningkatkan kemampuan akademik dan motivasi belajar pada
anak karena dapat meningkatkan pemahaman anak dan menghasilkan suasana belajar
yang menyenangkan. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental Design dengan
rancangan Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD
Inpres Bakung II Kota Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas V yang berjumlah 78 peserta didik. Sampel penelitian ini terdiri dari 40 peserta
didik kelas V-A dan 38 peserta didik kelas V-B. Penentuan kelompok eksperimen
dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik purposive sampling uji hipotesis yang
digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Model
pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi peserta didik
dalam pembelajaran, (2) Model pembelajaran Course Review Horay dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik, (3) Terdapat pengaruh penerapan model
pembelajaran Course Review Horay terhadap motivasi belajar peserta didik. Dan (4)
Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap
hasil belajar peserta didik.