DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA PESERTA DIDIK SD INPRES BAKUNG II KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author KURNIATI
dc.date.accessioned 2023-01-16T08:15:32Z
dc.date.available 2023-01-16T08:15:32Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 4617106008
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3921
dc.description.abstract Proses pendidikan bertujuan untuk menghasilkan peserta didik mengalami peningkatan kemampuan akademik secara kuantitatif dan memiliki motivasi untuk belajar tinggi. Kedua hal ini sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Course Review Horay merupakan salah satu metode yang diyakini dapat meningkatkan kemampuan akademik dan motivasi belajar pada anak karena dapat meningkatkan pemahaman anak dan menghasilkan suasana belajar yang menyenangkan. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Bakung II Kota Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 78 peserta didik. Sampel penelitian ini terdiri dari 40 peserta didik kelas V-A dan 38 peserta didik kelas V-B. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik purposive sampling uji hipotesis yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran, (2) Model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap motivasi belajar peserta didik. Dan (4) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar peserta didik. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model pembelajaran Course Review Horay en_US
dc.subject motivasi belajar en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA PESERTA DIDIK SD INPRES BAKUNG II KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account