dc.contributor.author | KURNIATI | |
dc.date.accessioned | 2023-01-16T08:15:32Z | |
dc.date.available | 2023-01-16T08:15:32Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.other | 4617106008 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3921 | |
dc.description.abstract | Proses pendidikan bertujuan untuk menghasilkan peserta didik mengalami peningkatan kemampuan akademik secara kuantitatif dan memiliki motivasi untuk belajar tinggi. Kedua hal ini sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Course Review Horay merupakan salah satu metode yang diyakini dapat meningkatkan kemampuan akademik dan motivasi belajar pada anak karena dapat meningkatkan pemahaman anak dan menghasilkan suasana belajar yang menyenangkan. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Bakung II Kota Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 78 peserta didik. Sampel penelitian ini terdiri dari 40 peserta didik kelas V-A dan 38 peserta didik kelas V-B. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik purposive sampling uji hipotesis yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran, (2) Model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap motivasi belajar peserta didik. Dan (4) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar peserta didik. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
dc.subject | Model pembelajaran Course Review Horay | en_US |
dc.subject | motivasi belajar | en_US |
dc.subject | hasil belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA PESERTA DIDIK SD INPRES BAKUNG II KOTA MAKASSAR | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |