Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan
antara media alat peraga dan media power point interaktif terhadap hasil belajar
siswa kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental One Group
Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian
memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan media alat peraga
di kelas eksperimen I dan media Power Point di kelas Eksperimen II. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas III-A dan Kelas III-B dengan total siswa
sebanyak 65 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes pilihan
ganda dan Observasi . Data yang diperoleh juga dianalisis menggunakan uji-t
berpasangan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa = 10,847 >
= 2,024 maka diterima dan ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa ada perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media alat peraga dan
media power point interaktif siswa kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kota Makassar.