DSpace Repository

EFEKTIVITAS PENDEKATAN STRUKTURAL GENETIK DALAM PEMBELAJARAN MENGKREASI PUISI PADA SISWA KELAS IV SD INPRES KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author LESTARI, LILIK
dc.date.accessioned 2023-01-17T06:33:37Z
dc.date.available 2023-01-17T06:33:37Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4618106006
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3973
dc.description.abstract Pembelajaran sastra khususnya puisi di sekolah dasar belum memenuhi harapan. Banyak faktor yang menyebabkan pembelajaran sastra belum berlangsung seperti yang diharapkan. Selain akibat lemahnya kemampuan guru juga dikarenakan kurangnya minat anak dalam belajar. Masalah ini muncul karena dalam proses belajar mengajar guru jarang menghadirkan karya sastra itu sendiri. Guru mengandalkan memori dan tidak memusatkan perhatian pada pengembangan kreativitas serta keterlibatan siswa dalam pembelajaran puisi. Sehubungan dengan hal tersebut hadirnya sarana sebagai dukungan sangat diharapkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah pendekatan struktuktural genetik efektif digunakan dalam pembelajaran puisi pada siswa kelas IV SD Inpres Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar?” Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yang didesain dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttestkontrol group design. Rancangan penelitian ini memanipulasi variabel penelitian dengan maksud mengetahui apa terdapat hasil yang berbeda dari pengaturan atau perubahan variabel independen tersebut. Sasaran penelitian atau objek penelitian ini dibagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini mengkaji tentang keefektifan pendekatan struktural genetik dalam pemahaman puisi siswa kelas IV SD Inpres Tamalanrea 3 dan SD Inpres Tamalanrea 4 Makassar. Hasil uji t menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil pembelajaran puisi pada kelas yang telah diberi pembelajaran puisi dengan pendekatan sturktural genetik sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan konvensional sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata post test kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75,19 > 65,62. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima dengan nilai signifikan P (Sig.2-tailed) = 0,002 < . Ini berarti bahwa tingkat keefektifan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan struktural genetik pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan pendekatan structural genetic (pendekatan konvensional). Berdasarkan uraian tersebut dapat ditegaskan bahwa pendekatan struktural genetik efektif dalam meningkatkan pemahaman puisi siswa kelas IV SD Inpres Tamalanrea 4 Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pendekatan structural genetic en_US
dc.subject Mengkreasi puisi en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENDEKATAN STRUKTURAL GENETIK DALAM PEMBELAJARAN MENGKREASI PUISI PADA SISWA KELAS IV SD INPRES KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account