Abstract:
Pembangunan di Kota Makassar mengalami perkembangan yang
sangat pesat ditandai dengan maraknya pertumbuhan ekonomi yang
menimbulkan persoalan baru dalam transportasi khususnya kemacetan
karena tingginya pergerakan lalu-lintas akibat dari guna lahan. Penelitian
ini dilatar belakangi kemacetan yang diakibatkan aktivitas parkir pada badan
jalan di ruas Jalan Boulevard Panakkukang Kota Makassar. Kota Makassar
yang seharusnya diperuntukkan bagi kelancaran arus lalu-lintas, tetapi
pada kenyataannya di jalan ini terjadi pengurangan lebar jalur lalulintas efektif akibat aktifitas parkir badan jalan, sehingga kelancaran arus
lalu-lintas terganggu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak parkir
pada badan jalan terhadap kinerja lalu-lintas dan mencari upaya
pengendalian parkir pada badan jalan di lokasi penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
pengamatan langsung di tiga titik pengamatan dan pengambilan data di
lapangan berupa data volume lalu-lintas dan voume parkir, serta kinerja
ruas jalan. Pengamatan dilakukan pada hari rabu, hari sabtu, dan hari
minggu. Hasil analisis kinerja ruas jalan didapatkan bahwa volume arus
lalu-lintas terbesar yang ada di ruas jalan Boulevard Panakkukang Kota
Makassar yaitu 857 smp/jam, dan derajat kejenuhannya (DS) 0,29. Dengan
indeks tingkat pelayanan menengah berada pada kategori B dan indeks
pelayanan tertinggi berada pada kategori A. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa parkir pada badan jalan mengakibatkan penurunan
kapasitas ruas jalan yang berdampak pada penurunan kinerja ruas
jalan