Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui kinerja pelayanan public Aparatur
Sipil Negara dan Hambatan-hambatanapasaja yang dihadapi dalam pelayanan
public pada Kantor Kelurahan Rimuku Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriftifanalitis. Data diperoleh dari sejumlah informan.
Hasil dari penelitian ini yakni: KinerjapelayananAparatur Sipil Negara di
Kelurahan Rimuku Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju terbilang kurang
baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dengan Tiga indikator, yakni:
responsivitas Aparatur masih kurang baik, responsibiltas sebagian Aparatur sudah
cukup bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Akuntabilitas aparatur
secara umum sudah teliti dalam melayani masyarakat. Adapun hambatanhambatan yang dihadapi dalam pelayanan terdiri dari dua factor yakni faktor
internal berupa kedisiplinan serta sarana dan prasarana sedangkan factor eksternal
berupa data dan sosial masyarakat.