Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mendeskripsikan realisasi kesantunan
berbahasa siswa terhadap siswa lainnya di SD di kecamatan Tamalanrea kota
Makassar, b) Mendeskripsikan bentuk pelanggaran / penyimpangan prinsip
kesantunan yang terjadi pada percakapan antar siswa di SD di kecamatan
Tamalanrea kota Makassar, c) Mendeskripsikan pelanggaran / penyimpangan
kesantunan bahasa yang manakah yang lebih dominan ditemukan pada
percakapan antar siswa di SD di kecamatan Tamalanrea kota Makassar.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi
dan rekaman. Metode pengambilan sampel acak sistematis (Systematic Random
Sampling) menggunakan interval dalam memilih sampel penelitian. Populasi
penelitian yaitu siswa kelas 5 yang berada di kecamatan Tamalanrea. Sampel
penelitian adalah siswa kelas 5 SD Inpres Tamalanrea 1, SD Inpres Tamalanrea 3,
dan SD Inpres Tamalanrea 4. Peneliti mengolah data secara kualitatif.. Hasil dari
penelitian Kesantunan Berbahasa Siswa Kelas 5 SD Di Kecamatan Tamalanrea
Kota Makassar ini berupa deskripsi pematuhan dan pelanggaran / penyimpangan
prinsip kesantunan berbahasa yang terjadi pada kegiatan di luar kelas di
lingkungan sekolah. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian, ditemukan
pematuhan dan pelanggaran / penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa.
Penelitian ini menghasilkan bentuk percakapan kesantunan dan penyimpangan
berbahasa.