Abstract:
Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
(bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati) terhadap loyalitas
pelanggan yang dimana dalam hal ini adalah pendengar Radio Republik Indonesia
Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik non random sampling
dengan menggunakan klaster sampling acak sebanyak 100 orang pendengar radio
RRI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keandalan memiliki
pengaruh yang signifikan yang artinya siaran RRI Makassar konsisten dalam
ketepatan siaran, keakuratan infomasi dan tepat waktu Ketika menyiarkan
program siaran, variabel daya tanggab memilik pengaruh yang signifikan kepada
pendengar dalam bentuk layanan seperti menanggapi dan memberikan solusi
kepada pendengar saat penyiaran maupun masalah-masalah yang disampaikan
oleh pendengar ke penyiaran atau ke RRI Makassar, variabel jaminan
berpengaruh signifikan yang artinya jaminan yang telah diberikan oleh RRI
Makassar telah memberikan kenyaman dalam mendengar dan melayani para
pendengar radio RRI Makassar, variabel empati berpengaruh signifikan artinya
empati penyiar dan RRI makassar sudah peka terhadap keinginan dan kebutuhan
pendengar, begitupula dengan variabel bukti fisik memiliki pengaruh yang
signifikan yang berarti menunjang siaran RRI Makassar sudah baik seperti alat
pendukung siaran yang membuat frekuenzi dan suara penyiar jelas Ketika
didengar