Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin
canggih dan bisa berdampak pada siswa, salah satu teknologi yang sangat nyata
saat ini adalah internet. Menggunakan internet tentunya segala informasi dapat
diakses dengan mudah seperti instagram, email, film, berita, dan game online.
Tujuan peniltian ini untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi
belajar dan prestasi belajar siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo yang terdiri
dari 39 sekolah. Penentuan sampel menggunakan metode multistage random
sampling sehingga diperoleh SDN 101 Tadangpalie terdapat 6 siswa, SDN 104
Abbanuangnge 10 Siswa, SDN 99 Lampulung 15 siswa, dan SDN 244 Pammana
17 siswa sehingga jumlah sampel 48 siswa. Data yang diperoleh dengan
menggunakan angket yang dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) game online memengaruhi motivasi
belajar siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo, (2) game online
memengaruhi prestasi belajar siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo
(3) Selain pengaruh positif game online juga memiliki pengaruh negatif. Pengaruh
positig game online yaitu melatih siswa berbahasa Inggris sedangkan pengaruh
negatifnya yaitu membuat siswa malas belajar. Oleh karena itu game online
memengarui motivasi dan prestasi belajar siswa SD Kecamatan Pammana
Kabupaten Wajo.