Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalis dan menginterpertasi:
Penyelenggaraan pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil di Kabupaten Bima yang dilaksanakan oleh birokrasi pemerintah yang
menyangkut pemenuhan hak-hak sipil serta kebutuhan dasar masyarakat, belum
nyata di lihat dari kinerja birokrasi pemerintah selama ini. Karena jika melihat
fenomena dewasa ini masih banyak keluhan dan pengaduan dari masyarakat,
seperti kurangnya sumber daya manusia, masih kurang sosialisasi, terbatasnya
fasilitas , jauhnya tempat pelayanan, kurangnya sarana prasarana pelayanan.
Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan mengunakan pendekatan
kualitatif, data diperoleh dari sejumlah informan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelayanan yang diselenggarakan oleh
Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bima sudah cukup
efektif, akurasi waktu dan sistematis, tetapi masih ada hambatan letak geografis
Kabupaten Bima dengan medan yang cukup sulit dijangkau dengan penyebaran
penduduk yang jauh dari tempat pelayanan sehingga dalam melaksanakan
pelayanan belum bisa secara, online. Pelayanan yang diberikan sudah
mengakomodir kebutuhan masyarakat tentang dokumen kependudukan secara
legal formal sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dengan
mengaplikasikan teknologi berbasis computer yang terintegrasi di seluruh tiorial
Indonesia di tambah dengan kompetensi pegawai yang cukup mampu sehingga
mampu mengoperasionalkan computer untuk mendukung pelayanan dan kinerja
organisasi bahkan dengan hadirnya mobil pelayanan keliling untuk mendaftar
penduduk yang ada di Desa, tetapi pelayanan belum bisa merata karna masih ada
Desa yang belum mendapatkan pelayanan langsung mengingat kurangnya sumber
daya manusia dengan anggaran dan arus pelayanan begitu banyak yang butuhkan
oleh masyarakat sehingga belum bisa meminimalisasikan pelayanan yang
berkualitas. Melalui inovasi dan etos kerja yang cukup maka tercipta inovasi
seperti: pelayanan MESSRA (pelayan sampai keserambi rakyat) untuk penerbitan
kartu kependudukan dan pencatatan sipil yang cepat, gratis, bebas biaya dengan
mobil pelayanan keliling untuk mendukung pelayanan berbasis teknologi dalam
meningkatkan kinerja yang berkualitas