KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) KABUPATEN BIMA

Show simple item record

dc.contributor.author ROSNANI
dc.date.accessioned 2023-01-24T00:59:26Z
dc.date.available 2023-01-24T00:59:26Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 46 171 030 04
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4121
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalis dan menginterpertasi: Penyelenggaraan pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Bima yang dilaksanakan oleh birokrasi pemerintah yang menyangkut pemenuhan hak-hak sipil serta kebutuhan dasar masyarakat, belum nyata di lihat dari kinerja birokrasi pemerintah selama ini. Karena jika melihat fenomena dewasa ini masih banyak keluhan dan pengaduan dari masyarakat, seperti kurangnya sumber daya manusia, masih kurang sosialisasi, terbatasnya fasilitas , jauhnya tempat pelayanan, kurangnya sarana prasarana pelayanan. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan mengunakan pendekatan kualitatif, data diperoleh dari sejumlah informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelayanan yang diselenggarakan oleh Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bima sudah cukup efektif, akurasi waktu dan sistematis, tetapi masih ada hambatan letak geografis Kabupaten Bima dengan medan yang cukup sulit dijangkau dengan penyebaran penduduk yang jauh dari tempat pelayanan sehingga dalam melaksanakan pelayanan belum bisa secara, online. Pelayanan yang diberikan sudah mengakomodir kebutuhan masyarakat tentang dokumen kependudukan secara legal formal sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dengan mengaplikasikan teknologi berbasis computer yang terintegrasi di seluruh tiorial Indonesia di tambah dengan kompetensi pegawai yang cukup mampu sehingga mampu mengoperasionalkan computer untuk mendukung pelayanan dan kinerja organisasi bahkan dengan hadirnya mobil pelayanan keliling untuk mendaftar penduduk yang ada di Desa, tetapi pelayanan belum bisa merata karna masih ada Desa yang belum mendapatkan pelayanan langsung mengingat kurangnya sumber daya manusia dengan anggaran dan arus pelayanan begitu banyak yang butuhkan oleh masyarakat sehingga belum bisa meminimalisasikan pelayanan yang berkualitas. Melalui inovasi dan etos kerja yang cukup maka tercipta inovasi seperti: pelayanan MESSRA (pelayan sampai keserambi rakyat) untuk penerbitan kartu kependudukan dan pencatatan sipil yang cepat, gratis, bebas biaya dengan mobil pelayanan keliling untuk mendukung pelayanan berbasis teknologi dalam meningkatkan kinerja yang berkualitas en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Kualitas en_US
dc.subject Pelayanan Publik en_US
dc.subject inovasi en_US
dc.subject kompotensi en_US
dc.subject Administratif en_US
dc.title KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) KABUPATEN BIMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account