Abstract:
Tujuan penelitian yakni kinerja pelayanan pegawai pada Badan
Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kabupaten Majene dan
Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelayanan oleh pegawai pada
Kantor Badan Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia
Kabupaten Majene.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriftif analitis. Data diperoleh dari sejumlah informan yang terdiri atas: kepala
Badan Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kabupaten
Majene, Sekertaris Badan Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya
Manusia Kabupaten Majene, Kepala Bidang, Kasubag., Kasubid., Pegawai dan
sesama Pegawai di Kabupaten Majene yang melakukan pengurusan admnisitrasi.
Hasil dari penelitian ini yakni: Kinerja pelayanan pegawai di Badan
Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kabupaten Majene
terbilang baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dengan tiga indikator, yakni:
responsivitas pegawai atau kemampuan untuk mengetahui dan memahaimi
kebutuhan maupun keinginan masyarakat dikategorikan baik, responsibiltas
pegawai dimana pegawai sudah bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
Akuntabilitas pegawai dimana para pegawai di Badan Kepegawaian Dan
Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kabupaten Majene sudah memiliki
keahlian masing-masing dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Hambatanhambatan yang dihadapi dalam pelayanan oleh pegawai pada Kantor Badan
Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kabupaten Majene
terdiri dari dua faktor yakni faktor internal berupa sarana dan prasaran sedangkan
faktor eksternal berupa kurangnya dana.